Selasa, 23 Oktober 2012

Pojok SMK

SMK 

adalah sekolah menengah kejuruan yang memiliki berbagai macam rumpun atau jurusan dan sejak tahun 2011 2012 diganti menjadi program keahlian, jadi siswa diajarkan materi pelajaran sesuai dengan bidang keahlian masing-masing disamping mata pelajaran adaptip dan normatif.

Rabu, 10 Oktober 2012

SITUS DINAS PENDIDIKAN

MEMBACA PIKIRAN ATAU HIPNOTIS

8 CARA MEMBACA PIKIRAN ORANG

Kadang cara hipnotis bisa membuat kita menjadi beda dengan yang lain, karena dengan hipnotis kita juga bisa meningkatkan kinerja dan aktivitas dalam sehari-hari kita di kantor. tetapi kadang dengan cara membaca pikiran orang lain itu kita bisa juga berbuat jelek, karena dengan membaca alam bawah sadar itu, kita bisa berbuat apa adanya, dengan perintah yang menyuruhnya.

Quote:1. 

masuklah kedalam sebuah ruangan atau kamar tidur anda lalu matikan lampu sampai gelap gulita. syarat lainnya tidak boleh ada suara2 berisik misalnya TV dll. usahakan melakukan ini ketika suasana sangat sepi sekali. mungkin ketika orang lain sedang tidur. 

Quote:2. 

pastikan bahwa target yg akan anda pengaruhi pikirannya juga sedang dalam keadaan tenang, dan lebih baik lagi kalau dia sedang tertidur.kita akan dengan mudah memanggil sukmanya datang. 

Quote:3. 

duduklah bersila dalam ruangan gelap anda sambil menutup mata. sendirian tanpa ada seorang pun dikamar itu. konsentrasikan pikiran anda hanya ke orang yg menjadi target anda. nah disinilah dibutuhkan konsentrasi tingkat tinggi. anda diharapkan mampu menghadirkan sosok orang tsb sehingga seakan2 ada diruangan tsb bersama anda. 

Quote:4. 

jangan merasa anda seperti sedang didalam kamar lagi. lupakan! lupakan kalau skrg anda sedang duduk dlm sebuah kamar....., pusatkan pikiran hanya kepada si target. bayangkan muka si target. tubuhnya. dan hadirkan dia dihadapan anda saat itu melalui pikiran anda. 

Quote:5. 

tanda jika anda benar2 sudah menghadirkan orang tsb adalah ketika anda tidak lagi merasa berada dalam kamar itu. sesaat anda akan merasa berada disebuah tempat entah dimana. mungkin diawang awang kali ya spt yg pernah sy rasakan. kamar anda akan hilang sesaat dalam pikiran anda.tubuh anada serasa berada disebuah tempat misterius bersama sitarget yg akan anda pengaruhi tadi. 

Quote:6. 

inilah bukti bahwa berarti sukma anda dan dia telah bertemu dialam lain. 

Quote:7. 

ketika bayangan orang itu sudah jelas sekali berada didepan anda (seperti sedang berhadap2an layaknya dikehidupan nyata) nah disinilah kesempatan anda untuk membisikkan ketelinganya semua permintaan anda tsb. ucapkan salam kepaadanya selayaknya org bertemu, lalu segera bisikkan tepat ditelinganya (anda juga mengangkat tangan disamping mulut spt berbisik dan mencari posisi telinga org itu ). bisikkan dengan halus apa yg anda mau untuk dia lakukan keesokan harinya. tapi ingat ! jangan meminta hal2 yg terlalu ekstrim dan gk masuk akal spt misalnya minta dia pake BH doank…ya mana mungkin dia mau..mungkin saja ada dorongan ghaib itu nanti muncul dlm dirinya yg menyuruh memakai BH tetapi dia juga kan punya sikap dan pasti berusaha menolaknya krn dia tidak gila. 

Quote:8. 

ketika anda selesai menyampaikan pesan anda, ucapkan salam perpisahan anda. lalu segera kembalikan alam kesadaran anda. bukalah mata anda kembali perlahan2. 

Membaca Pikiran Orang Lain Dalam Kehidupan Sehari-hari 

Banyak anggapan bahwa membaca pikiran adalah pekerjaan seorang psikolog, paranormal atau bahkan dukun. Namun, percaya atau tidak, dalam kehidupan sehari-hari, anda semua adalah seorang pembaca pikiran. Sebab, tanpa kemampuan untuk mengetahui pikiran serta perasaan orang lain, kita semua tak akan mampu menghadapi situasi sosial semudah apapun. 

Dengan membaca pikiran, kita dapat membuat perkiraan tentang tingkah laku seseorang lalu membuat kita dapat menentukan keputusan berikutnya. Jika kita melakukan pembacaan ini dengan buruk, dampaknya bisa serius: konflik bisa saja terjadi akibat kesalahpahaman. 

Contoh yang nyata kesulitan mengenali pikiran dan perasaan orang lain mind blindness, dapat dilihat pada penyandang autisme, dimana ketidak mampuan tersebut menjadi suatu kondisi yang mengganggu. Kemampuan membaca pikiran ini, yang oleh William Ickes, profesor psikologi di University of Texas, disebut sebagai emphatic accuracy. 

Darimana asalnya? Kemampuan (terbatas) kita untuk membaca pikiran menurut Ross Buck, profesor Communication Sciences di University of Connecticut, memiliki sejarah yang amat panjang. Dikatakannya bahwa, melalui jutaan tahun evolusi, sistem komunikasi manusia berkembang menjadi lebih rumit saat kehidupan juga menjadi lebih kompleks. Membaca pikiran lantas menjadi alat untuk menciptakan dan menjaga keteraturan sosial; seperti membantu mengetahui kapan harus menyetujui sebuah komitmen dengan pasangan atau melerai perselisihan dengan tetangga. Kemampuan ini sendiri muncul sejak manusia dilahirkan. 

Bayi yang baru lahir lebih menyukai wajah seseorang dibandingkan stimulus lainnya, dan bayi berusia beberapa minggu sudah mampu menirukan ekspresi wajah. Dalam 2 bulan, bayi sudah dapat memahami dan berespon terhadap keadaan emosional dari pengasuhnya. Nancy Eisenberg, profesor psikologi di Arizona State University dan ahli dalam perkembangan emosional, menuturkan bahwa bayi berusia 1 tahun mampu mengamati ekspresi orang dewasa dan menggunakannya untuk menentukan tingkah laku berikutnya. Lanjutnya, bayi usia 2 tahun mampu menyimpulkan keinginan orang lain dari tatapan matanya, dan di usia 3 tahun, bayi dapat mengenali ekspresi wajah gembira, sedih atau marah. Saat menginjak usia 5 tahun, bayi sudah memiliki kemampuan dasar untuk membaca pikiran orang lain; mereka telah memiliki “teori pikiran.” Bayi tersebut mampu memahami bahwa orang lain memiliki pemikiran, perasaan dan kepercayaan yang berbeda dengan yang mereka miliki. Anak-anak tadi mengembangkan kemampuan membaca pikiran dengan mengamati pembicaraan orang dewasa, dimana mereka membedakan kompleksitas aturan dan interaksi sosial. Selain itu, kegiatan bermain dengan teman sebaya juga dapat melatih anak untuk membaca pikiran anak lainnya. Namun, tak semua anak bisa mengembangkan kemampuan ini. Anak-anak yang mengalami penelantaran dan kekerasan cenderung mengalami hambatan dalam mengembangkan kemampuan membaca pikiran ini. 

Sebagai contoh, anak yang dibesarkan dalam keluarga yang penuh dengan kekerasan, mungkin akan jauh lebih peka terhadap ekspresi marah, walaupun sesungguhnya emosi marah tidak muncul. Lanjut lagi, kemampuan membaca pikiran yang lebih maju biasa muncul pada masa remaja akhir. 

Hal ini terjadi karena kemampuan untuk menyimpan perspektif dari beberapa orang di saat yang sama dan lalu mengintegrasikannya dengan pengetahuan kita dan orang yang bersangkutan itu seringkali membutuhkan kemampuan otak yang sudah jauh berkembang. 

BagaimanaMembacaPikiran? Membaca bahasa tubuh adalah komponen inti dari membaca pikiran. Lewat bahasa tubuh, kita bisa mengetahui emosi dasar seseorang. Peneliti menemukan bahwa ketika seseorang mengamati gerak tubuh orang lain, mereka dapat mengenali emosi sedih, marah, gembira, takut dll, bahkan ketika pengamatan hanya dilakukan dengan pencahayaan yang minim. 

Ekspresi wajah juga merupakan penanda bagi kita untuk dapat mengetahui apa yang dipikirkan orang lain. Namun sayangnya, banyak dari kita yang tidak mampu untuk mendeteksi ekpresi ini. 

Salah satu sumber yang kaya akan penanda ini adalah mata seseorang; otot-otot di sekitar mata. Mata seseorang adalah sumber penanda yang paling kaya jika dibandingkan bagian lain yang ada di wajah. 

Contohnya:
mata yang turun ketika sedih, terbuka lebar ketika takut, terlihat tidak fokus kala sedang berkhayal, menatap tajam penuh kecemburuan, atau menatap sekitarnya ketika tidak sabar. 

Kita dapat semakin tahu pikiran orang lain dari komponen-komponen dalam percakapan kata-kata, gerak tubuh, dan nada suara. Namun diantara ketiganya, Ickes menemukan bahwa isi pembicaraan menjadi komponen terpenting dalam membaca pikiran dengan baik. Menjadi Pembaca Pikiran Ulung Lalu, bagaimana kita bisa menjadi seorang pembaca pikiran yang lebih baik? 

Tim dari Psychology Today telah merumuskan beberapa hal yang bisa membantu kita membaca pikiran. Kenalilah orang lain. “Kemampuan membaca pikiran akan meningkat, semakin kita mengenal lawan bicara kita,” kata William Ickes. 
Jika kita berinteraksi dengan seseorang selama kurang lebih sebulan, kita akan lebih mudah untuk mengenali apa yang ia pikirkan dan rasakan. 
Hal tersebut dapat terjadi karena: kita mampu mengartikan kata-kata dan tidakan orang lain dengan lebih tepat, setelah mengamatinya dalam berbagai situasi; kedua, kita mengetahui apa yang terjadi dalam hidup mereka, dan mampu menggunakan pengetahuan itu untuk memahami mereka dalam konteks yang lebih luas. Minta umpan balik. 

Penelitian menunjukkan bahwa kita dapat meningkatkan kemampuan membaca dengan cara menanyakan kebenaran dari tebakan kita. Misalnya, “Saya mendengar, sepertinya Engkau sedang marah. Benar tidak?” Perhatikan bagian atas dari wajah. Emosi yang palsu, biasanya diungkapkan pada bagian bawah wajah seseorang. Sedangkan, menurut Calin Prodan—profesor neurologi di University of Oklahoma Health Sciences Center, emosi utama bisa dilihat dari sebagian ke atas wajah, biasanya di sekitar mata. Lebih ekspresif. Ekspresivitas emosi cenderung timbal balik. Ross Buck, “semakin kita ekspresif, semakin banyak pula kita akan mendapat informasi mengenai kondisi emosional dari orang lain di sekitar kita.” Santai. 

Menurut Lavinia Plonka, pengarang Walking Your Talk, seseorang cenderung “menyamakan diri” dengan lawan bicaranya melalui postur tubuh dan pola napas. Jika anda merasa tegang, teman bicara anda bisa saja, secara tak sadar, menjadi tegang pula lalu terhambat, dan akhirnya menjadi sulit untuk dibaca. Ambillah napas panjang, senyumlah, dan coba untuk menampilkan keterbukaan dan penerimaan kepada siapapun yang bersama anda. 

Tinjauan Kritis. 

Perlu kita ingat, bahwa ekspresi emosi bisa berbeda di berbagai budaya. Ekspresi sedih di satu budaya, bisa jadi diinterpretasikan sebagai emosi lain di budaya lain. Jadi jika ingin membaca seseorang, kita perlu memperhatikan pula unsur budaya yang berlaku di tempat tinggal orang itu, jangan sampai salah menebak, atau bahkan memicu terjadinya kesalahpahaman. Kita juga tak bisa mengesampingkan fenomena membaca pikiran ini sebagai sebuah fenomena yang biasa diasosisasikan dengan kemampuan supranatural, sebab percaya tidak percaya, memang ada orang-orang yang memiliki kemampuan untuk membaca pikiran yang sulit dijelaskan ilmu pengetahuan. Setidaknya penulis telah menemukan beberapa orang dengan kemampuan membaca pikiran, yang bahkan mampu melihat masa depan dan berbagai macam hal yang sulit diterima nalar. 

Sumber : ecomunity
diedit ulang : adies212: penyuka materi sejenis

Sabtu, 30 Juli 2011

AKREDITASI SEKOLAH

Persiapan Akreditasi yang cukup melalahkan tapi juga menyenangkan rupanya menyita perhatian setiap lembaga pendidikan, saya dan kurikulum di tempat saya bekerja sempat lembur sampai jam 10 malam sekedar untuk menyiapkan dokumen (disposisi) data yang sudah ada tapi belum masuk pada box file yang semestinya.

ada cerita di sekolah lain tempat saudara saya bekerja menyimpan dokumen lengkap dari tahun pertama sehingga menghadapi akreditasi tidak ber sibuk2 dengan kerjaan tambahan karena data yang diperlukan memang sudah siap. bahkan menurutnya nilai yang di isi 3 atau 2 oleh asesor diberikan nilai 4, ini mungkin buah dari kejujuran.

ada cerita lain, yang menyulap perlengkapan di sekolahnya dengan mengecat barang yang sudah mulai karat, dll. bahkan sampai meminjam alat untuk perlengkapan akreditasi sekolahnya, .... ya masing-masing orang punya cara sendiri tapi buahnya pasti sesuai dengan hasil usahanya tentunya mateng karbitan atau matang sesuai waktunya.

bahkan ada yang ironis, setelah selesai pelaksanaan akreditasi, mungkin faktornya karena kecapean kendati itu adalah takdir. saudara saya itu akhirnya menghembuskan napas terakhir. Innalillahi wainna ilaihi raajiun.

saya melihat ini sungguh naif tapi ini gambaran rill bangsa kita.

Jumat, 24 Juni 2011

RAKER BERSAMA KETUA YAYASAN

HARI INI KAMIS 23 JUNI 2011 S.D 25 JUNI 2011 YAYASAN KORIPINDO DAN GCI MENGADAKAN RAPIM (RAPAT PIMPINAN)YANG BERTEMPAT DI ISTANA TANAMAN OBAT TOGAPURI CILEMBU SUMEDANG JAWA BARAT. DI HADIRI OLEH KEPALA SEKOLAH, WAKIL BIDANG KURIKULUM, KESISWAAN, HUB. INDUSTRI DAN KETUA TATA USAHA DARI 7 LEMBAGA YANG ADA SEPERTI SMK RISTEK JAYA, SMK MERCUSUAR, SMK PERBANKAN NASIONAL, SMK DEWARUCI, SMK GITA WISATA JAKARTA DAN SMK PERBANKAN INDONESIA SERTA SMK RISTEK KARAWANG.

PENULIS MERUPAKAN BAGIAN DARI PESERTA RAPAT YANG MENURUT PENULIS TEMPATNYA NYUKUP NYAMAN DAN MENYEHATKAN HANYA SAJA JARAKNYA CUKUP JAUH DARI PUSAT KOTA, TIDAK TERPENCIL TAPI DI PERKAMPUNGAN YANG SEJUK SAAT MALAM DAN PANAS SAAT SIANG.

KENANGAN DI SINI CUKUP MENYENANGKAN JIKA DI NIKMATI, ADA ACARA SEMINAR DAN SENAM DARI TUAN RUMAH YAITU PA TOTO DAN KELUARGA.

Jumat, 14 Januari 2011

INFO PTK

Profil Guru Nasional Pendidikan Formal

Sumber dari internet di bagi bagi juga untuk pembaca internet

Data guru dan tenaga kependidikan merupakan bahan yang sangat penting untuk menetapkan kebijakan pembinaan maupun pemberdayaan guru dan tenaga kependidikan secara tepat sasaran dan sesuai dengan kondisi lapangan.
Dari data tersebut para pengelola guru akan mampu melakukan analisa potensi maupun kelemahan, serta mampu merumuskan arah kebijakan dalam upaya peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan di Indonesia.
Data berikut merupakan data yang diambil dari lapangan pada periode tahun 2003/2004, sedangkan untuk data pada tahun 2005 akan selesai masuk secara keseluruhan pada bulan Oktober 2005 sesuai dengan kesepakatan yang dibuat oleh para Kasubdin Ketenagaan Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Dari hasil evaluasi pelaksanaan pendataan terdapat beberapa kendala sebagai bahan penyempurnaan dalam pelaksanaan pendataan guru dan tenaga kependidikan lainnya, antara lain:
1. Para pengelola ketenagaan Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, belum menyadari sepenuhnya bahwa data tersebut merupakan kebutuhan mereka dalam melaksanakan tugasnya, khususnya untuk penyusunan rencana. Hal tersebut menunjukkan rendahnya kepedulian pejabat terhadap data dan memberikan cermin betapa rendahnya kualitas perencanaan tanpa adanya dukungan data yang akurat.

2. Minimnya fasilitas pendataan (khususnya komputer dengan kemampuan yang tinggi), sehingga proses entry data di Kantor Dinas Kabupaten/Kota mengalami kesulitan dan keterlambatan, sedangkan tenaga operatornya telah dilatih namun tidak dapat bekerja secara optimal.

3. Sistem dan mekanisme pendataan dari sekolah ke dinas belum tersistem secara rutinitas, sehingga pendataan dilakukan bila ada permintaan dari pusat, sehingga perlu dibangun mekanisme sistem pendataan secara reguler.

4. Tenaga operator setelah dilatih dan memiliki kemampuan yang cukup baik, sebagian besar mendapatkan tugas tambahan dari atasan dan tidak sedikit yang dimutasi sebelum melaksanakan tugasnya, sehingga tugas pendataan tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Sebagai gambaran umum bahwa jumlah guru pada dikdasmen dan pendidikan madrasah sebanyak 2.691.957 orang. Jumlah guru dikdasmen sebanyak 2.156.597 orang, yang terdiri dari guru PNS sebanyak 1.430.515 orang dan guru Non PNS sebanyak 726.082 orang, sisanya sebanyak 535.360 orang adalah guru madrasah yang terdiri guru PNS maupun Non PNS. Tabel berikut menunjukkan komposisi guru dikdasmen dan madrasah. (data dari beberapa sumber Renstra Depdiknas, PDIP)


I. PROFIL GURU DIKDASMEN BERDASARKAN STATUS KEPEGAWAIAN DAN PENYEBARAN PADA SETIAP JENJANG PENDIDIKAN.


Dalam daftar tersebut PNS termasuk data PNS Depag, sedangkan PNS guru dikdasmen terdiri dari PNS dan PNS DPK (yang ditugaskan pada sekolah swasta) pada tahun 2003 jumlah PNS seluruhnya adalah : 1389302 orang + 41.213orang = 1.430.515 orang guru PNS.

II. PROFIL GURU BERDASARKAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PADA SETIAP JENJANG PENDIDIKAN.

Data menggambarkan masih terdapatnya guru yang memiliki kualifikasi dibawah standard nasional yang ditetapkan, jika untuk guru TK dan SD minimal DII maka guru yang unqualified terdapat 78,05 % pada TK, 34,03 % pada SD, 71,23 % pada SMP, 46,60 % pada SMA, 3,89 % pada SMK dan 43,02 % pada SLB. Secara nasional yang unqualified sebanyak 43,02 % atau sebanyak 927.947 guru.

III. PROFIL GURU BERDASARKAN UMUR/TAHUN KELAHIRAN PADA SETIAP JENJANG PENDIDIKAN

Data menggambarkan adanya sejumlah guru yang akan pensiun pada periode 5 tahun ke depan, yaitu pada tahun 2005 terdapat 22.707 orang, tahun 2006 sebanyak 26.748 orang, pada tahun 2007 sebanyak 26.929 orang, pada tahun 2008 sebanyak 32.104 orang dan pada tahun 2009 sebanyak 44.067 orang. Jumlah tersebut masih terdapat guru GTT dan GTY, jadi untuk PNS masih perlu dirinci lagi. Grafik prosentase penyebaran guru menurut kelompok umur sebagai berikut:

IV. PROFIL GURU BERDASARKAN PANGKAT/GOLONGAN PADA SETIAP JENJANG PENDIDIKAN

Prosentase guru PNS dan Non PNS terdistribusi sebanyak 66,33 % guru PNS dan 36,67 % guru Non PNS. Jika dirinci lagi dari data dapat dikelompokkan menurut kelompok golongan, terdapat 19,49 % golongan II, 71,37 % golongan III dan 9,14 % golongan IV. Dalam grafik untuk golongan IV tidak dapat tampil terinci dikarenakan datanya terlalu kecil.

Dari analisa sementara terlihat bahwa golongan IV sangat kecil, hal tersebut terjadi kemungkinan besar disebabkan banyak guru yang belum mampu naik ke golongan IVB ke atas karena kemampuan penulisan karya ilmiah yang merupakan persyaratan pokok belum memadai.

V. PROFIL PENGAWAS SEKOLAH (DATA PEMBAYARAN SUBSIDI)
Jumlah pengawas sekolah dari data pembayaran subsidi dapat didata jumlahnya, namun biodata lainnya belum didapatkan.

VI. PROFIL GURU BERDASARKAN TUGAS MENGAJAR MATA PELAJARAN
Profil penyebaran guru kelas, guru mata pelajaran/rumpun mata pelajaran, guru kejuruan dan guru luar biasa pada setiap jenjang pendidikan.
Dari data yang ada menunjukkan bahwa guru mata pelajaran yang memiliki jumlah tertinggi adalah guru mata pelajaran pendidikan agama 169.486 orang, disusul guru penjaskes 108.126 orang dan guru matematika sebanyak 69.718 orang. Jumlah yang terkecil adalah guru sejarah budaya sebanyak 1.916 orang, guru bahasa asing lain sebanyak 2.143 orang dan guru antropologi 3.682 orang.

VII. PROFIL GURU BANTU TAHUN 2003 ? 2004.
Karena proses pendataan guru dikdasmen dilakukan pada saat terjadinya proses seleksi dan pengangkatan guru bantu, sehingga sangat sulit bila dilakukan penggabungan dikarenakan dalam instrumen penjaringan belum dijelaskan kelompok guru bantu. Oleh karena itu profil guru bantu disusun tersendiri, hal tersebut agar memudahkan menelusuri berapa jumlah GTT yang masuk GB dan GB yang diterima CPNS pada periode tahun 2004.

1. Peta guru bantu dan kondisi baru pada tahun 2005
Pada tahun 2004 dari 261.641 orang guru bantu sebagian besar mengikuti seleksi CPNS guru, dan dari jumlah tersebut yang berhasil lulus sebagai CPNS sebagai berikut:

a. Angkatan tahun 2003:
• Jumlah guru bantu terdaftar sebanyak : 190.332 orang
• Mengundurkan diri (lulus CPNS dan alasan lain) : 16.100 orang
• Sisa guru bantu angkatan 2003 : 174.232 orang

b. Angkatan tahun 2004:
• Jumlah guru bantu terdaftar sebanyak : 71.309 orang
• Mengundurkan diri (lulus CPNS dan alasan lain) : 9.530 orang
• Sisa guru bantu angkatan 2003 : 61.779 orang

c. Jumlah guru bantu yang tersisa pada tahun 2005 sebanyak: 174.232 orang + 61.779 orang = 236.011 orang. Sedangkan GB yang terangkat CPNS dan keluar karena sebab lain sebanyak 25.630 orang.

d. Tahun 2004 terangkat CPNS guru sebanyak 64.163 orang (termasuk dari guru Bantu, GTT maupun dari peserta umum) yang belum sempat terdata pada profil guru tahun 2004 ini. Data tersebut perlu dipertimbangkan dalam mengambil kebijakan.


VIII. PROFIL GURU TIDAK TETAP


Profil guru tidak tetap (GTT) yang selama ini telah mengabdi pada pendidikan di Indonesia perlu dipertimbangkan nasibnya. Mereka pada umumnya telah mengabdikan dirinya pada sekolah dimana mereka mengajar dengan variasi masa kerja, besarnya honor yang mereka terima sangat tergantung pada kemampuan sekolah untuk membayar honorariumnya. Para GTT bukan berarti tidak mendapat kesempatan untuk mengikuti seleksi CPNS. Namun karena faktor umur dan keberuntungan, sehingga sebagian dari mereka tidak berhasil masuk CPNS.
Profil GTT dapat dijadikan acuan atau bahan pertimbangan dalam memperbaiki nasib maupun penghasilan mereka, oleh karena itu berikut ini disusun beberapa profil GTT menurut tempat tugasnya, masa kerja sebagai GTT, kualifikasinya dan umurnya. Keempat faktor tersebut sangat dominan dalam menentukan kebijakan pemerintah dalam memperbaiki nasib, penghasilan maupun kompetensinya.

IX. PENUTUP

Profil guru pada pendidikan dasar dan menengah yang telah disajikan mengambil data pokok dari tahun 2003/2004. Dengan sendirinya proses pengumpulan data tersebut kurang dari sempurna, namun sebagai bahan dasar untuk perencanaan pembinaan dan pemberdayaan guru dalam upaya peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan akan cukup memberikan dasar perencanaan yang lebih baik.
Harapan pada tahun 2005 setelah melalui proses workshop pendataan tendik bagi Kasubdin Ketenagaan dengan kesepakatan mekanisme dan sistem pendataan secara reguler telah menghasilkan, bahwa data dari dinas kabupaten/kota akan masuk ke pusat pada akhir bulan oktober setiap tahun. Dengan demikian akurasi data dan pemutakhiran pada masa mendatang secara bertahap akan mampu terwujud.
Dalam proses pendataan tendik pada dinas kabupaten/kota telah teridentifikasi masalah hambatan yang dihadapi oleh petugas pendataan, diharapkan dapat diatasi secara bertahap sesuai dengan kemampuan pemerintah maupun pemerintah daerah masing-masing.

Jumat, 15 Oktober 2010

MONITORING

KEGIATAN MONITORING

Setiap pekerjaan harian, mingguan, bulanan dan tahunan hendaknya selalu dimonitoring karena kesalahan sedikit yang dibiarkan akan menjadi masalah besar dikemudian hari, jangan lupakan pelajaran Ilmu Manajemen dan Administrasi : Planning, Organizing, Controlling dan Actuiting (POAC) pada pelaksanaan 4 langkah manajemen ini monitoring indentik dengan controlling. semoga pekerjaan kita lebih Kreatif, Efektif, dan Kondusif.

perihal: Selamat datang di SMK Perbanas (lihat di Google Wikipinggir)

Kisah Kaum Nabi Nuh AS yang Kena Azab gegara Sombong dan Musyrik

Kisah Kaum Nabi Nuh AS yang Kena Azab Nabi Nuh As merupakan nabi ketiga dalam daftar 25 nabi. Nama lengkap Nabi Nuh AS adalah Nuh bin Lamik...